Senin, 14 Januari 2013

PENDIDIKAN BAHASA RAB


Tugas Makalah Bahasa Indonesia


PENDIDIKAN BAHASA ARAB

OLEH:
LINDA ASNAWATI
12010102017

JURUSAN TARBIYAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGRI
SULTAN QOIMUDDIN
KENDARI
2012

KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT karna berkat limpahan rahmat, dan hidayahnyalah sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas berupa makalah tentang’’ PENDIDIKAN BAHASA ARAB’’ yang Alhamdulillah dapat terselesaikan meskipun mungkin kurang sempurna.
Penulis juga menyadari bahwasanya penulis hanyalah seorang manusia yang tak luput dari kesalahan dan kekurangan. Karna dalam penulisan masih banyak kekurangan dan kesalahan.Oleh karna itu, kritik dan saran dari guru bidang studi dalam upaya evaluasi diri.
Akhirnya penulis hanya berharap, bahwa dibalik ketidak sempurnaan penulisan makalah ini adalah ditemukan suatu yang bermanfaat atau bahkan himah bagi penulis, pembaca dan bagi seluruh mahasiswa-mahasiswi dikampus ini.



Wassalam,
Kendari,3 Desember 2012
Penulis




DAFTAR ISI
KATA PENGANTA…………………………………………………… i
DAFTAR ISI ………………..........…………………………………… ii
BAB I PENDAHULUAN………………………………………………. 1
A.Latar Belakang………………………………………………… 1
B.Rumusan Masalah……………………………………………... 1
C.Tujuan…………………………………………………………. 1
BAB II PEMBAHASAN………………………………………………… 2
A. Pengertian……………………………………………………… 2
B. Eksistensi Bahasa Arab………………………………………. 2
1. Varietas Bahasa Arab…………………………………....... 2
2. Bahasa Arab dan Islam……………………………………. 2
C. Bahasa Arab dan keinternasionalannya………………………. 3
BAB III PENUTUP……………………………………………………... 5
Kesimpulan………………………………………………………. 5
DAFTAR PUSTAKA…………................................................................ 6



BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
Situasi kebahasaan di Indonesia menunjukan bahwa disamping bahasa nasional dan bahasa daerah, terdapat juga pemakaian bahasa asing terutama bahasa Inggris, bahasa Arab, bahasa Jerman dan bahasa Prancis.
Bahasa Arab sebagai bahasa perhubungan antara umat islam dan untuk berhubungan dengan bangsa-bangsa lain didunia islam.Selain itu, bahasa Arab dibutuhkan pula untuk kepentingan kepariwisataan.
Keadaan kebangsaan kita menunjukan bahwa walaupun bahasa Indonesia telah dipakai sebagai bahasa nasional dan bahasa negara, tetapi kenyataan menunjukan bahwa hanya sebagian kecil rakyat Indonesia yang berbahasa terutama bahasa Indonesia.Dengan kata lain,pertumbuhan ragam-ragam bahasa Indonesia sesuai dengan lingkungan pemakaiannya,yang cenderung mengandung cirri-ciri bahasa daerah sebagai bahasa ibu pemakainya.
Sesuai dengan situasi kebahasaan itu, maka sebelum peserta didik mempelajari bahasa Arab disuati sekolah, mereka harus menguasai 2 bahasa yaitu: bahasa Indonesia dan bahasa daerah yang dipakai dalam masyarakat tempat tinggalnya.
Rumusan Masalah
  1. Pengertian
  2. Eksistensi bahasa Arab
  3. Metode dalam bahasa Arab
Tujuan
  1. Memahami pelajaran dan mata kuliah mata kuliah yang diberikan oleh para pengajar
  2. Dapat berkomunikasi lisan dengan menggunakan bahasa Arab
  3. Memahami tata bahasa dalam bahasa Arab
BABII
PEMBAHASAN
  1. Pengertian
Untuk mengungkapkan pentingnya bahasa Arab dilur motif agama dapat dikatakan bahwa bahasa Arab adalah banasa dari kelompok terbesar dunia ketiga.Bahasa merupakan alat untuk mengungkapkan makna yang diwujudkan melalui kosakata dan tata bahasa.Dengan demikian,kosa kata dan tata bahasa berperan sebagai alat pengungkapan makna yang berupa gagasan, pikiran, pendapat, dan perasaan.
Belajar bahasa asing adalah belajar berkomunikasi dengan bahasa yang dipelajari, baik secara lisan maupun tulisan.Tidak akan banyak yang menyangkal apabila dikatakan bahwa bahasa Indonesia mempunyai banyak perkataan yang berasal dari bahasaArab. Oleh karna itu un tuk mengadakan studi tentang bahasa Indonesia, diperlukan adanya pengetahuan akan bahasaArab. Bahasa ini adalah bahasa yang dengannya semua ilmu pengetahuan modern dan kesastraan modern dapat dikemukakan, baik dalam bahasa asli ataupun terjemahan.
  1. Eksistensi bahasa Arab sebagai bahasa internasional
1.Varietas bahasa Arab
Pada setiap komunitas Arabmasa kin I akan ditemukan 2 macam varietas,Pertama, bahasa Arab kolukwial, atau dialek lisan setempat. Bahasa inilah yang dipakai dalam bahasa percakapan sehari-hari,Kedua varietas bahasa Arab standar modern. Varietas ini sama dengan bahasa yang dipakai pada zaman Rasulullah.
2. Bahasa Arab dan islam
ALI al-Najjar (1980) dalam syahin mengungkapkan bahwa bahasa Arab merupakan bahasa yang terluas dan terkaya kandungannya, deskripsi dan pemaparannya sangat mendetail dan dalam.
Sementara AbdulHamidbin Yahya dalam al- hasyimi berkata: Aku mendengar syu’bah berkata ‘’pelajarilah bahasa Arab karna bahasa Arab itu akan menambah ketajaman daya nalar’’.
Keistimewaan yang dimiliki oleh bahasa Arab diantara bahasa-bahasa lain didunia karna dia berfungsi sebagai bahasa Al-qur’an dan Hadis.
Berdasarkan itulah maka orang ya ng hendak memahamihukum-hukum ajaran agama islam dengan baik haruslah berusaha mempelajari bahasa Arab.Bahasa lain termasuk bahasa Indonesia, tidak dapat diandalkan untuk memberikan kepastian artiyang tersurat dan tersirat dari makna yang terkandung dalam Al-qur’a.

  1. Bahasa Arab dan keinternasionalannya
Bahasa yang pernah menjadi bahasa nasional adalah bahasa Akadiyyah, Yunani, Latin dan bahasa Arab.Sampai saat ini bahasa Arab sejajar dengan bahasa internasional modern yaitu bahasa Inggris dan bahasa Prancis.
Bahasa Arab memiliki ciri keinternasionalannya tampak bahwa bahasa Arab merupakan bahasa demokratis, tanpa membedakan antara pemegang kekuasaan danbawahan.dan banyaknya kata-kata Arab yang telah menjadi kosa kata bahasa internasional.
Adapun metode dalam pembelajaran bahasa Arab yaitu:
  1. Metode nahwu wa tarjamah(grammar and translation method)
Dalam penerapan metode ini banyak menekankan penggunaan nahwu (tata bahasa)dan praktek penerjemahan dari bahasa dan kedalam bahasasasaran.
2.Thariqah mubasyarah ( metode langsung)
Metode ini lahir sebagai reaksi terhadap penggunaan metode nahwu wa tarjamah yang mengajarkan bahasa seperti bahasa yang mati.
3. Thariqah Qira’ah ( reading method)
Belajar membaca lancer jauh lebih penting bagi orang-orang india yang belajar bahasa Inggris ketimbang berbicara.
  1. Thareqah ma’rifiyyah (cognitive code- learning teori)
Teori ini telah diinterpretasikan oleh beberapa pakar sebagai teori tata bahasa yang telah mutakhir. Pendekatan kognitif meletakkan penekanan pada pemerolehan sadar bahasa sebagai suatu system bermakna dan dalam bahasa.























BAB III
PENUTUP
  1. Kesimpulan
Tidak berlebihan apabila dikatakan, karna Al-qur’an dan Al-hadis berbahasa Arab, maka umat isalam sangat berperan dalam memberikan penghargaan social yang sam aterhadap bahasa Arab. Bahkan sepatutna lebih dari penghargaan yang diberikan kepada bahasa internasional lainnya.
Karna begitu pentingnya bahasa Arab didalam kehidupan kita, hendaknya kita harus mempelajarinya dengan sungguh-sungguh.
Bahasa adalah sebuah tingkah laku yang mempunyai maksud tertentu antara manusia dan bahasa juga adalah suatu system vokal symbol yang tampaknya kurang humanistic.
Belajar bahasa Arag atau bahasa asing lainnya aagar dapat berkomunikasi secara lisan maupun secara tulisan.









DAFTAR PUSTAKA
Madjid, Nurkholish. 2003. Bahasa Arab dan metode pengajarannya/ Azhar Arsyad. Yogyakarta:Pustaka pelajar.
Mustofa Bisri, Baharudin Uril. H, Hamid Abdul H.M.2008. Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta; UIN- MALANG PRESS.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar